slogan

Nyatakan Hadirmu dengan Kreasi, Wujudkan Lewat Cita dan Cinta

9.22.2015

Panggung Jalanan TKU



Kabut Asap Mengepung, Mahasiswa Unhas Teaterikal

MAKASSAR-Sejumlah mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar yang tergabung di UKM Teater Kampus Unhas (TKU) gelar aksi teaterikal memprotes maraknya pengerusakan hutan.

Utamanya pembakaran hutan di Sumatera, yang membuat daerah itu berubah menjadi terkepung oleh kabut asap, pelaku teaterikal jumlahnya sepuluh orang itu, memberikan kritik soal dampak lingkungan terhadap pembakaran hutan itu.

Apalagi dampak yang ditimbulkan pun akan berdampak jangka panjang. Teaterikal dengan judul "Jual lahan ke asing sama dengan asing dapat dollar ditambah Indonesia dapat asap".

Ketua UKM TKU, Rara Faradita menjelaskan kalimat itu mengambarkan rumus perkebunan di Indonesia, bukannya untung malah merugi. "Niatnya meraup untung malah menghirup puntung," katanya.

Dia menambahkan hampir tiap tahun bencana asap itu, terjadi bahkan kian meluas di sejumlah wilayahan Sumatera, Kalimantan, dan Jawa, bahkan kebarakaran hutan juga terjadi di Sulawesi. "Dampaknya terus menerus dirasakan masyarakat kita, bahkan penyakit infeksi saluran pernafasan meningkat," ungkapnya.

Aksi teaterikal ini mengajak agar masyarakat peduli lingkungan, dan menghentikan pengerusakan hutan. "Pemerintah harus bersikap, dan menindak tegas para pelaku pengerusakan hutan," tutur Rara. (*)

Selasa , 22 September 2015
Pukul 08.00 wita
Lokasi Pintu I Unhas
Sumber: Harian FAJAR Online

No comments: